Transmisi
manual
Pandangan atas dan samping transmisi
manual yang ditempatkan dilantai dari Ford dengan 4 kecepatan
Transmisi
manual adalah tipe transmisi yang digunakan pada
kendaraan bermotor. Sistem ini menggunakan clutch yang
dioperasikan oleh pengemudi untuk mengatur perpindahan torsi dari mesin menuju transmisi, serta pemindah gigi yang
dioperasikan dengan tangan (pada mobil) atau kaki (pada motor). Gigi percepatan
dirangkai di dalam kotak gigi/gerbox untuk beberapa kecepatan, biasanya
berkisar antara 3 sampai 6 gigi percepatan maju ditambah dengan 1 gigi mundur
(R). Gigi percepatan yang digunakan tergantung kepada kecepatan
kendaraan
pada kecepatan rendah atau menanjak digunakan gigi percepatan 1 dan seterusnya
kalau kecepatan semakin tinggi, demikian pula sebaliknya kalau mengurangi
kecepatan gigi percepatan diturunkan, pengereman dapat dibantu dengan penurunan
gigi percepatan.
Tipe transmisi lain yang dikenal
adalah transmisi otomatis, transmisi semi-otomatis atau continuously
variable transmission (CVT).
Synchromesh
Synchromesh adalah perlengkapan transmisi yang berfungsi untuk menyamakan putaran antar gigi yang akan disambung sehingga perpindahan gigi percepatan dapat dilakukan secara mulus. Cara kerjanya saat handel transmisi pada posisi netral, maka synchromesh berada di tengah tidak berpengaruh atau dipengaruhi oleh kedua roda gigi yang ada disampingnya.Susunan gigi percepatan
Tuas transmisi pada 5 kecepatan pada Mazda
Protege.
Susunan/layout gigi percepatan transmisi manual tergantung kepada ciri yang
biasa digunakan disuatu kawasan, mobil keluaran Asia
agak berbeda dengan Eropa, khususnya pada penempatan gigi
mundur(R). Penempatan tuas transmisi yang banyak digunakan adalah di lantai
tetapi beberapa mobil modern menggunakan tuas transmisi di dashboard ataupun
mobil lama yang ditempatkan di setang setir.Tuas transmisi lantai
Pola
|
Penjelasan
|
Ini adalah susunan 5 gigi kecepatan yang lazim
digunakan pada mobil modern ditambah dengan satu gigi mundur yang ditandai
dengan R. Penempatan gigi mundur (R) krucial karena bisa salah memasukkan
dapat mengganggu jalannya kendaraan, karena kalau dari gigi 5 salah pindah ke
mundur bisa berakibat fatal.
|
|
Susunan ini adalah susunan 5 gigi kecepatan yang
lazim digunakan pada bus ringan ditambah dengan satu gigi
mundur yang ditandai dengan R. Gigi 1 biasanya jarang dipakai, dipakai pada
saat mendaki di tanjakan terjal.
|
Tuas transmisi di setir
Tuas transmisi pada Setir Saab96
Pola
|
Penjelasan
|
Layout mobil dengan 3 gigi maju yang merupakan
susunan gigi percepatan mobil-mobil Amerika keluaran tahun 1930an sampai
dengan tahun 1950an yang pada waktu itu dijuluki "three on the
three"
|
|
Merupakan layout yang dikembangkan sesudah itu,
yang juga dikembangkan oleh mobil-mobil keluaran Eropa dan Jepang. Sampai saat
ini masih digunakan pada beberapa mobil niaga seperti Mitsubishi L 300.
|
Tuas transmisi sepeda motor
Tuas gigi percepatan Suzuki SV650S.
Corak penukaran gigi percepatan sepeda motor yang lazim digunakan :6
5 ┘
4 ┘
3 ┘
2 ┘
N
1
Tuas pengungkit gigi percepatan diinjak dengan kaki kiri untuk masuk ke gigi 1 dan diungkit keatas untuk masuk ke gigi 2, 3, dan seterusnya. Bila ingin menurunkan kecepatan, maka tuas pengungkit gigi percepatan diinjak kebawah dari 5 ke 4 ke 3 dan seterusnya.
No comments:
Post a Comment