Melepas Dan Membongkar Mesin



  1. Lepaskan pemegang tutup mesin dan lepaskan tutup mesin.
  2. Keluarkan pada radiator dan blok silinder.
  3. Keluarkan oli mesin.
  4. Keluarkan aki.
  5. Lepaskan saringan udara bersama rumalmya.
  6. Buka kabel gas dan cuk karburator.
  7. Lepaskan pipa bensin melalui sambungan pada saringannya.
  8. Lepaskan selang masuk heater (pemanas) pada saluran isap
  9. Lepaskan kawat primer dan tegangan tinggi pada distributor.
  10. Lepaskan thermosensor air.
  11. Lepaskan kabel-kabel motor starter dan switch tekanan oli.
  12. Kendorkan klem selang, setelah itu lepaskan selang radiator dan bawah dari radiator dan pompa air.
  13. Lepaskan air.
  14. Buka baut tangkai, srtelah alternator dan copot tali kipas. setelah itu lepas atau copot altemator.
  15. Lepaskan dudukan alternator.
  16. Lepas pipa buang depan dari saluran buang. Kemudian buka saluran buangan dari kop silinder.
  17. Lepas starter motor. .
  18. Lepas pelat penutup dari rumah kopling.
  19. Topang transmisi dengan dongkrak yang cocok.
  20. Lepaskan transmisi dari pengikat dudukan mesin.
  21. Pasang rantai (seling) yang cocok pada gantungan mesin.
  22. cantolkan rantai pada alat angkat yang memadai. Setelah itu angkat rantai sedikit ke atas hingga tidak kendor.
  23. Lepaskan braket dudukan mesin di sebelah kanan dan kiri.
  24. Tarik mesin ke depan hingga poros yang masuk transmisi benar- benar kelihatan. Angkat mesin dari kendaraan.

Membongkar Mesin
Setelah mesin diturunkan dari mobil, maka overhaul (membelah) mesin dapat dimulai dengan urutan langkah sebagai berikut.

1. Melepas distributor
a. Cabut kabel busi.
b. Cabut selang dari vacuum advance control canister (kanister kontrol pemaju vakum).
c. Lepaskan mur penahan distributor dan cabut distributor dari kop silinder.

2. Melepas pompa bahan bakar
a. Copot pipa bensin dari pompa bensin yang ke karburator.
b. Lepaskan baut dudukan pompa bensin. Copot pompa bensin, insulator, dan gasketnya.
c. Lepas penyumbat dan pendorong pompa dari balok silinder.
3. Melepas kipas pendingin dan puli
a. Lepas baut dudukan kipas pendingin dari boss pompa air.
b. Lepaskan kipas bersama puli.
 
 4. Melepas pompa air
a. Copot mur dudukan pompa air.
b. Lepaskan batang/tangkai penyetel alternator.
c. Lepas pompa air dan gasketnya.

5. Melepas thermostat
a. Lepaskan baut dan cabut tutup thermostat bersama gasketnya.
b. Copot thermostat.

6. Melepas saluran isap dan kaburator
Lepas mur-mur karburator dan saluran isap secara keseluruhan
bersama gaskotnya.

7. Melepas saringan oli
a. Lepas saringan oli dengan kunci yang pas.
b. Lepaskan switch tekanan oli.

8. Melepas poros kam dan kop silinder
a. Lepas baut-baut dan tutup tuas klep (rocker mm) dan gasketnya
b. Cabut seal oli setengah Iingkaran dari ujung kop silinder
c. Pasang alat penahan (SST) untuk menahan roda gila.
d. Lepaskan mur dari ring, Iantas dorong gigi pemutar di tributor dan spaser dari poros kam.
e. Lepaskan baut pengikat kop silinder dan tutup rantai timing.
f. Kendorkan baut kop silinder dua atau tiga tahap sesuai urutan yang ditunjukkan gambar.
g. Lepaskan rangkaian tuas klep.
h. Tarik poros kam ke belakang agar lepas dari sproket poros kam.
i. Buka sproket poros kam.
j. Lepaskan kop silinder berikut gasketnya.

Catatan :
Bila poros kam saja yang dilepas, rantai timing harus ditahan menghadap ke atas agar sliper blade pada tensioner rantai tidak melejit dan penyetelan rantai terjadi sulit.

9. Melepas katup dan per katup (kepala silinder dilepas)
a. Gunakan sikat kawat halus dan motor bor untuk membersihkan kerak karbon dari ruang bakar.
b. Gunakan SST seperti pada gambar dan tekanlah per katup.

Catatan:
`               Taruh panahan katup dudukan per atas, pegas katup dudukan per bawah, dan katup secara berurutan pada kotak bensin agar Iebih mudah merakitnya.
c. Lepaskan penahan katup, dudukan per atas, per katup, dan
    dudukan pcr bawah.
d. Lepaskan katup.

10. Melepas pull poros engkel (crankshaft pulley)
a. Pasang SST untuk menahan roda gila.
b. Lepaskan baut dan cabut puli dari poros engkol.

11. Melepas kopling dan roda gila
a. Pasangkan SST untuk menahan roda gila.
b. Lepaskan baut dan lepas tutup kampas kopling (matahari) dan kampas kopling.

Catatan :
Kampas kopling jangan kena oli atau gemuk.
c. Lepaskan baut-baut dan copot roda gila dari poros engkol
d. Lcpaskan SST.

12. Melepas bak oli
a. Balikkan blok silinder.
b. Lepaskan baut-baut dan lepaskan oli bersama gasketnya.

13. Melepas taplsan oli
Lepaskan baut-baut dan tapisan oli beserta gasket.

14. Melepas tutup rantai timing
a. Lepaskan baut, tutup rantai timing, dan gasketnya.
b. Lepaskan oli slinger dari poros engkol.

15. Melepas tensioner dan panahan getaran rantai
a. Lepaskan baut dan Iepaslah pemandu rantai
b. Lepaskan pula baut dan penahan getaran rantai.

16. Melepas sprokef dan rantai pompa oli
a. Lepaskan penyetel rantai.
b. Lepaskan mur dan ring pada sproket pompa oli.
c. Cabut sproket pompa oli, sproket poros engkol, dan rantai penggerak secara keseluruhan.

17. Melepas pompa oli
a. Lepaskan baut dan tutup pompa.
b. Lepaskan motor dan poros dari blok silinder.

18. Melepas sprokei poros engkol dan rantai timing
a. Lepaskan spaser (ganjal), sproket poros engkol, dan tutup
dari pores engkol.
b. Lepaskan pasak sproke pada poros engkol.

19. Melepas piston dan setang piston.
a. Lepas baut dan tutup setang piston.

Catatan:
Jangan merusakkan crankpin dengan setang piston. Hati-hati waktu melepasnya.
b. Tekan piston dan setang piston ke luar dari blok silinder. Gunakan gagang palu untuk    mendorongnya ke luar sampai ring piston lepas dari silinder.
c. Tekatl pasak piston keluar dengan SST.
Perhatikan:
Jaga piston dan pasaknya diletakkan berurutan untuk setiap silindernya agar mudah memasangnya.
20. Melepas poros engkol
a. Lepaskan baut dudukan tutup metal duduk (main bearing).
b. Lepaskan tutup metal duduk belakang dengan SST. Keluarkan thrusnwashernya.
c. Lepas tutup metal lainnya.
d. Lepas seal oli dari poros engkol belakang.
e. Lepas poros engkol.


Share:

No comments:

Post a Comment

Video of the day

Powered by Blogger.

CARA CEPAT BELAJAR MICROSOFT EXCEL LEVEL 1

CARA CEPAT BELAJAR MICROSOFT EXCEL LEVEL 1 Pengertian Microsoft Excel beserta kegunaannya   bahwa Microsoft Excel itu adalah aplikasi dar...

Search This Blog

Blog Archive

My Blog List

BTemplates.com

My Blog List

Blogroll

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.

BTemplates.com

Sample Text

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Labels

Labels

Label Cloud

CARA CEPAT BELAJAR MICROSOFT EXCEL LEVEL 1 (1) cara membongkar gardan (1) Cara Memperbaiki Gardan Mobil (1) Cara Menggunakan Kunci Momen (2) CARA PEMASANGAN RELAY UNTUK MENGHIDUPKAN KLAKSON (1) CARA PENGISTALAN WINDOWS 7 (1) DIAL INDIKATOR (1) Fungsi Kunci Shock atau Soket (1) Fungsi Kunci Soket (1) Fungsi Tang (1) Gambar untuk jenis jenis mesin pres (1) ICON-ICON REFRECE (1) janka sorong & jangka sorong digital (1) Jenis-jenis mesin bor (1) Kelebihan danKekurangan Mobil 4WD dan AWD (1) KOIL MOBIL (1) komponem pada mesin mobil (1) KUNCI SHOCK (1) Kunci Busi (1) KUNCI BUSI (Spark plug wrench) (1) Kunci inggris (1) KUNCI INGGRIS (Adjustable wrench) (1) Kunci L (1) KUNCI L (Allen wrench) (1) kunci pas (1) KUNCI PAS (Open end wrench) (1) Kunci Pas dan Kunci Ring (1) kunci ring (1) KUNCI RING (Box wrench) (1) KUNCI RODA (Wheel nuts and bolts wrench) (1) KUNCI SOKET (Socket wrench) (1) Langkah Langkah Membongkar Mesin Diesel ( Overhauld ) (1) Las busur listrik (1) Macam-macam fungsi kunci (1) MAILING (1) MEKANISME SISTEM REM (1) MELEPAS DAN MEMBONGKAR MESIN (1) Membaca Jenis Kode Ukuran Ban Mobil (1) Memeriksa (1) MENGETAP DAN MENYENAI (1) Menguji (1) Mesin Bubut Semua Jenis (1) NAMA KOMPONEN MESIN MOBIL (1) Nozzle Tester (1) OBENG (Screw driver) (1) PALU (Hammer) (1) Pengertian dan Fungsi Gardan (1) Perbedaan Komponen Mesin Sepeda motor 2 Tak dan 4 Tak (1) Perlengkapan Peralatan Di Tempat Kerja (1) Praktik Motor Starter : Membongkar (1) PROSES MOTOR 4 TAK (1) proses pendinginnan (1) REVIEW (1) SEJARAH MESIN TURBO (1) SEKILAS TENTANG MESIN DIESEL ATAU MESIN BAHAN BAKAR SOLAR (1) sistem tranmisi (1) suspensi mobil (1) SYSTEM KEMUDI (STEERING SYSTEM) (1) tester manual dan tester digital (1) Tips Memasang Relay Pada Mobil Klasik (1) Transmisi Manual Pada Mobil & Sepeda Motor (1) VIEW (1)

Contact Form

Name

Email *

Message *

Followers

Labels

Labels

Translate

Sponsor

ADs

Pages - Menu

Pages

Weekly most viewed

Labels

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.