- Lepaskan pemegang tutup mesin dan lepaskan tutup mesin.
- Keluarkan pada radiator dan blok silinder.
- Keluarkan oli mesin.
- Keluarkan aki.
- Lepaskan saringan udara bersama rumalmya.
- Buka kabel gas dan cuk karburator.
- Lepaskan pipa bensin melalui sambungan pada saringannya.
- Lepaskan selang masuk heater (pemanas) pada saluran isap
- Lepaskan kawat primer dan tegangan tinggi pada distributor.
- Lepaskan thermosensor air.
- Lepaskan kabel-kabel motor starter dan switch tekanan oli.
- Kendorkan klem selang, setelah itu lepaskan selang radiator dan bawah dari radiator dan pompa air.
- Lepaskan air.
- Buka baut tangkai, srtelah alternator dan copot tali kipas. setelah itu lepas atau copot altemator.
- Lepaskan dudukan alternator.
- Lepas pipa buang depan dari saluran buang. Kemudian buka saluran buangan dari kop silinder.
- Lepas starter motor. .
- Lepas pelat penutup dari rumah kopling.
- Topang transmisi dengan dongkrak yang cocok.
- Lepaskan transmisi dari pengikat dudukan mesin.
- Pasang rantai (seling) yang cocok pada gantungan mesin.
- cantolkan rantai pada alat angkat yang memadai. Setelah itu angkat rantai sedikit ke atas hingga tidak kendor.
- Lepaskan braket dudukan mesin di sebelah kanan dan kiri.
- Tarik mesin ke depan hingga poros yang masuk transmisi benar- benar kelihatan. Angkat mesin dari kendaraan.
Membongkar Mesin
Setelah mesin
diturunkan dari mobil, maka overhaul (membelah) mesin dapat dimulai dengan
urutan langkah sebagai berikut.
1. Melepas distributor
a. Cabut kabel
busi.
b. Cabut
selang dari vacuum advance control canister (kanister kontrol pemaju vakum).
c. Lepaskan
mur penahan distributor dan cabut distributor dari kop silinder.
2. Melepas pompa bahan bakar
a. Copot pipa
bensin dari pompa bensin yang ke karburator.
b. Lepaskan
baut dudukan pompa bensin. Copot pompa bensin, insulator, dan gasketnya.
c. Lepas
penyumbat dan pendorong pompa dari balok silinder.
3. Melepas kipas pendingin dan
puli
a. Lepas baut
dudukan kipas pendingin dari boss pompa air.
b. Lepaskan
kipas bersama puli.
4. Melepas pompa air
a. Copot mur
dudukan pompa air.
b. Lepaskan
batang/tangkai penyetel alternator.
c. Lepas pompa
air dan gasketnya.
5. Melepas thermostat
a. Lepaskan
baut dan cabut tutup thermostat bersama gasketnya.
b. Copot
thermostat.
6. Melepas saluran isap dan
kaburator
Lepas mur-mur
karburator dan saluran isap secara keseluruhan
bersama
gaskotnya.
7. Melepas saringan oli
a. Lepas
saringan oli dengan kunci yang pas.
b. Lepaskan
switch tekanan oli.
8. Melepas poros kam dan kop
silinder
a. Lepas
baut-baut dan tutup tuas klep (rocker mm) dan gasketnya
b. Cabut seal
oli setengah Iingkaran dari ujung kop silinder
c. Pasang alat
penahan (SST) untuk menahan roda gila.
d. Lepaskan
mur dari ring, Iantas dorong gigi pemutar di tributor dan spaser dari poros
kam.
e. Lepaskan
baut pengikat kop silinder dan tutup rantai timing.
f. Kendorkan
baut kop silinder dua atau tiga tahap sesuai urutan yang ditunjukkan gambar.
g. Lepaskan
rangkaian tuas klep.
h. Tarik poros
kam ke belakang agar lepas dari sproket poros kam.
i. Buka
sproket poros kam.
j. Lepaskan
kop silinder berikut gasketnya.
Catatan :
Bila poros kam
saja yang dilepas, rantai timing harus ditahan menghadap ke atas agar sliper
blade pada tensioner rantai tidak melejit dan penyetelan rantai terjadi sulit.
9. Melepas katup dan per katup
(kepala silinder dilepas)
a. Gunakan
sikat kawat halus dan motor bor untuk membersihkan kerak karbon dari ruang
bakar.
b. Gunakan SST
seperti pada gambar dan tekanlah per katup.
Catatan:
` Taruh
panahan katup dudukan per atas, pegas katup dudukan per bawah, dan katup secara
berurutan pada kotak bensin agar Iebih mudah merakitnya.
c. Lepaskan
penahan katup, dudukan per atas, per katup, dan
dudukan pcr bawah.
d. Lepaskan
katup.
10. Melepas pull poros engkel
(crankshaft pulley)
a. Pasang SST
untuk menahan roda gila.
b. Lepaskan
baut dan cabut puli dari poros engkol.
11. Melepas kopling dan roda gila
a. Pasangkan
SST untuk menahan roda gila.
b. Lepaskan
baut dan lepas tutup kampas kopling (matahari) dan kampas kopling.
Catatan :
Kampas kopling jangan kena oli
atau gemuk.
c. Lepaskan
baut-baut dan copot roda gila dari poros engkol
d. Lcpaskan
SST.
12. Melepas bak oli
a. Balikkan
blok silinder.
b. Lepaskan
baut-baut dan lepaskan oli bersama gasketnya.
13. Melepas taplsan oli
Lepaskan baut-baut dan tapisan
oli beserta gasket.
14. Melepas tutup rantai timing
a. Lepaskan
baut, tutup rantai timing, dan gasketnya.
b. Lepaskan
oli slinger dari poros engkol.
15. Melepas tensioner dan panahan
getaran rantai
a. Lepaskan
baut dan Iepaslah pemandu rantai
b. Lepaskan
pula baut dan penahan getaran rantai.
16. Melepas sprokef dan rantai
pompa oli
a. Lepaskan
penyetel rantai.
b. Lepaskan
mur dan ring pada sproket pompa oli.
c. Cabut
sproket pompa oli, sproket poros engkol, dan rantai penggerak secara keseluruhan.
17. Melepas pompa oli
a. Lepaskan
baut dan tutup pompa.
b. Lepaskan
motor dan poros dari blok silinder.
18. Melepas sprokei poros engkol
dan rantai timing
a. Lepaskan
spaser (ganjal), sproket poros engkol, dan tutup
dari pores
engkol.
b. Lepaskan
pasak sproke pada poros engkol.
19. Melepas piston dan setang
piston.
a. Lepas baut
dan tutup setang piston.
Catatan:
Jangan merusakkan crankpin dengan
setang piston. Hati-hati waktu melepasnya.
b. Tekan piston dan setang piston ke luar dari blok silinder. Gunakan
gagang palu untuk mendorongnya ke luar
sampai ring piston lepas dari silinder.
c. Tekatl
pasak piston keluar dengan SST.
Perhatikan:
Jaga piston dan pasaknya
diletakkan berurutan untuk setiap silindernya agar mudah memasangnya.
20. Melepas poros engkol
a. Lepaskan
baut dudukan tutup metal duduk (main bearing).
b. Lepaskan
tutup metal duduk belakang dengan SST. Keluarkan thrusnwashernya.
c. Lepas tutup
metal lainnya.
d. Lepas seal
oli dari poros engkol belakang.
e. Lepas poros
engkol.
No comments:
Post a Comment