sistem tranmisi pada mobil
Sistem transmisi, dalam otomotif,
adalah sistem yang berfungsi untuk konversi torsi dan kecepatan (putaran)
dari mesin menjadi torsi dan kecepatan yang berbeda-beda untuk diteruskan ke penggerak akhir. Konversi
ini mengubah kecepatan putar yang tinggi menjadi lebih rendah tetapi lebih
bertenaga, atau sebaliknya.
Contoh
transmisi 5-kecepatan pada rpm mesin 4.400
|
||
Gir
nomor
|
Rasio
gir
|
RPM
pada
poros keluar transmisi |
1
|
3.769
|
1.167
|
2
|
2.049
|
2.147
|
3
|
1.457
|
3.020
|
4
|
1.000
|
4.400
|
5
|
0.838
|
5.251
|
Torsi tertinggi suatu mesin umumnya terjadi pada
sekitar pertengahan dari batas putaran mesin yang diijinkan, sedangkan
kendaraan memerlukan torsi tertinggi pada saat mulai bebkrge
Tipe
1. Transmisi manual.
Komponen
utama
·
Kopling (clutch)
atau torque converter. Kopling
dipakai untuk transmisi manual dan semi otomatis serta transmisi otomatis,
torque converter dipakai pada transmisi otomatis.
·
Transmisi,
dikenal juga dengan persneling.
TRANSMISI MOBIL TRUK
No comments:
Post a Comment